LAYANAN SERVICE KOMPUTER PANGGILAN DI JAKARTA

logo-itsupport-jakarta

Kategori

#1 Jasa service komputer panggilan di jakarta

Mencari teknisi komputer yang bisa panggilan di jakarta?

Gratis Konsultasi Layanan Service Komputer. Bisa Panggilan. Solusi No 1 Buat anda yang ingin booking teknisi komputer berpengalaman dan profesional yuk chat sekarang. Harga Aman di kantong lho!

service komputer panggilan jakarta
Jam Kerja
Teknisi panggilan di jakarta
Senin
10:00AM - 07:00PM
Selasa
10:00AM - 07:00PM
Rabu
10:00AM - 07:00PM
Kamis
10:00AM - 07:00PM
Jumat
10:00AM - 07:00PM
Sabtu
Libur
Minggu
Libur

#

Biaya service komputer

Konsultasi

Gratis Via Wa
  • Chat Whatsapp Business
  • Waktu di Jam Kerja
  • Analisa Hardware
  • Analisa Software
  • Hanya konsultasi

Pengecekan Ketempat

Rp150rb/unit
  • Transport Teknisi
  • Waktu di Jam Kerja
  • Pengecekan Hardware
  • Pengecekan Software
  • Bukan biaya cancel

Perbaikan Ketempat

Rp250rb/unit
  • Perbaikan unit
  • Waktu di Jam Kerja
  • Troubleshooting Hardware
  • Troubleshooting Software
  • Garansi 1 bulan

5#

Keuntungan layanan kami

#

Puluhan Testimoni

01 July 2023
Perbaikan printer
Kendala printer berisik, diservice full cleaning sama mas nya bagus lagi
01 July 2023
Service Printer
Service printer kerusakan hasil print bergaris, udah bagus. Masnya kasih tau cara maintenancenya bagus...
01 July 2023
Perbaikan printer
Benerin printer teknisinya mas tommy, printer dibenerin disini tp karena harus dibawa, akhirnya dibawa...
30 June 2023
Cleaning hardware komputer total
Komputer saya berdebu banget, saya minta jasa disini untuk cleaning komponen saya, hasilnya bagus lumayan...
29 June 2023
Install Ulang Laptop Lenovo
Install ulang laptop disini terima beres, aman. harga sesuai
29 June 2023
Ganti Keyboard laptop
Pekerjaannya bagus rapih, ganti keyboard mudah”an awet…. terimakasih
29 June 2023
Service Komputer Mati Total
Pekerjaannya bagus, cepet sesuai ekspetasi, rekomended

#

Analisa kerusakan komputer

Komputer lambat, lemot, kadang hang, kadang suka restart sendiri

Penyebab umum, karena komputer sudah lama, kondisi harddisk sudah badsector, kapasitas ram sudah tidak sesuai dengan aplikasi yang terinstall. Komputer overheat, ada hardware yang sudah mau rusak dan perlu pergantian Contohnya powers supply dll.

Untuk Masalah seperti ini perlu tindakan teknisi karena dari sebabnya aja kemungkinan biaya estimasi juga akan berbeda-beda, misalnya perlu pergantian harddisk, maka opsi solusinya adalah pergantian sparepart yang sama atau upgrade ke ssd, Contoh lain setelah dianalisa ternyata dari ram nya maka estimasi akan berbeda dari keruskan ram dan harddisk.

Komputer mati total

Penyebab utama adalah masalah tegangan. Kondisi tegangannya sudah tidak stabil, bahkan memang tidak ada sama sekali. Komponen perangkat ini adalah bagian power supply, Mulai dari kabel power sampai output 12 volt dan 5 volt ke seluruh perangkat komputer.

Komputer bluescreen

Penyebab perangkat komputer bluescreen ada yang karena hardware dan juga software. 

Untuk masalah hardware, kebanyakan karena ram, processor dan vga card yang bermasalah. Bisa juga ada korsleting di perangkat mainboard dikarenakan faktor external seperti karena nyolokin perankat tertentu di usb port yang berakibat korsleting voltase 5 voltnya. Bisa juga perangkat lain seperti dari pci port yang difungsikan sebagai wireless receiver, audio extender, usb extender dll.

Untuk masalah software biasanya dikarenakan sofware tertentu yang berbahaya seperti install software bajakan hasil download dari internet sehingga masuk malware dan trojan. Bisa juga disebabkan driver yang error terutama driver vga card. Driver vga card sering eror biasanya disebabkan karena ada update dari windows nya, namun proses update tidak sempurna sehingga windows menjadi bluescreen

Tidak ada internet

Komputer tidak ada internet bisa karena masalah driver nya bermasalah, bisa juga karena perangkat internet dikomputer seperti usb wifi receiver atau yang model port pci wifi receiver nya bermasalah. Terkadang karena settingnya internet nya bisa membuat komputer tidak bisa internet. Sofware tertentu juga bisa internet di komputer bermasalah.

Tidak ada suara

Perangkat komputer tidak ada suara atau audionya disebabkan faktor hardware dan juga software.

Dari hardware perlu dicek mulai dari output jack di komputer yang belakang dan depan, kemudian apabila menggunakan koneksi bluetooth perlu dipastikan versinya sama baru bisa terkoneksi. Kalau menggunakan kabel yang terhubung dengan speaker aktif dipastikan semua koneksinya dan kabelnya tidak ada bermasalah.

Untuk masalah software biasanya dari driver audionya

Webcame, Keyboard mouse, dan perangkat periferal lainnya tidak berfungsi

Penyebab masalah ini hampir sama dengan masalah tidak ada internet dan juga tidak ada suara. Perlu pengecekan khusus oleh teknisi bahkan kalau tidak bisa diperbaiki kemungkinan perlu pergantian sparepart

Windows error atau ada aplikasi yang eror tidak bisa dibuka

Penyebab masalah ini adalah ada file windows atau aplikasi tersebut rusak atau corupt biasanya dikarenakan oleh virus atau antivirus sendiri yang tidak cocok dengan sistem yang dipakai

File tidak bisa dibuka

Untuk jenis file tertentu kemungkinan membutuhkan aplikasi terntentu untuk membuka file tersebut. Namun banyaknya adalah karena virus malware yang melakukan enkripsi file. Sempat ramai beberapa tahun lalu virus jenis ini yaitu ransomeware wannacry

# Komponen Komputer

1. Motherboard

Secara sederhana, motherboard atau biasa disebut dengan Mainboard, Baseboard adalah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB). Papan ini menjadi salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer. Sebab, dengan adanya motherboard setiap komponen utama dalam komputer dapat berhubungan dengan komponen lainnya. Motherboard inilah yang menampung seluruh komponen yang memiliki peran penting dalam sistem, seperti CPU, slot RAM, VGA Port, USB Port dan lainnya.

Mengenai fungsinya, Motherboard memiliki fungsi untuk menyediakan akses bagi setiap komponen dalam melakukan komunikasi satu dengan yang lain. Selain itu, motherboard juga berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri. Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat tambahan, seperti joystick dengan bantuan motherboard.

Kerusakan pada perangkat motherboard akan mengakibatkan komputer mati total karena merupakan perangkat utama atau mesin utama pada komputer

2. Processor

CPU (Central Processing Unit) adalah salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan. CPU sering juga dikatakan sebagai Processor yang merupakan otak dari sebuah komputer. Sebab, CPU yang mengatur segala aktivitas dan jalannya program yang terdapat dalam komputer.

Misalkan saja, ketika Anda menekan Alt+F4 maka otomatis akan menutup program yang sedang Anda buka. Yang mengatur instruksi tersebut adalah CPU. Sebagai komponen utama, CPU memiliki fungsi penting yang harus Anda ketahui, yaitu menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan kemudian mengeksekusi instruksi tersebut.

Biasanya, ketika membeli komputer hal yang pertama kali Anda lihat adalah spesifikasi komputer itu. Sebagai contoh, Processor 32-bit jelas berbeda dengan processor 64-bit. Maksudnya, komputer yang memiliki processor 64-bit dapat bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan 32-bit. Dengan begitu, Anda harus lebih teliti lagi dalam menentukan spesifikasi CPU agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kerusakan pada processor akan menyebabkan mati total, untuk gejala awal processor biasanya sebelum rusak komputer akan sering restart atau mati secara tiba-tiba

3. Heatsink

Heatsink atau PC Cooler merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki bentuk fisik seperti kipas yang terbuat dari tembaga dan aluminium. Bukan tanpa sebab heatsink didesain pada setiap komputer atau PC. Dimana tujuan utama dari heatsink sama dengan kipas yang Anda kenal, yaitu memberikan suhu dingin pada processor agar kinerja dari processor tetap stabil dan suhu panas yang dimiliki processor dapat dibuang melalui heatsink ini.

Walaupun demikian, kini banyak jenis heatsink yang beredar di pasaran. Setiap pabrik mendesain heatsink dengan bentuk fisik yang berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama. Secara umum, heatsink bekerja dengan cara menerima panas yang dihasilkan oleh processor, kemudian panas tersebut menyebar keseluruh bagian heatsink hingga berkumpul ke bagian inti heatsink. Maka fan yang terdapat dalam heatsink itulah yang membuang suhu panas tersebut.

Kerusakan pada heatsink jarang terjadi, yang sering rusak atau kotor pada heatsink akan menghalangi angin pada kipas processor sehingga suhu komputer akan panas

4. Ram

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu jenis perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan. Namun, berbeda dengan Hard Disk yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Sesuai dengan namanya, Random yang berarti acak. Maksudnya, RAM memang digunakan sebagai media penyimpanan, namun penyimpanan yang sementara dan hanya dapat diakses ketika komputer dinyalakan dan acak.

Ketika terjadi instruksi oleh processor, maka RAM yang berfungsi untuk menyimpan data dari instruksi itu. Jadi, RAM akan berfungsi apabila komputer masih dalam keadaan menyala, jika telah dimatikan maka instruksi tersebut akan hilang dari RAM.

Bentuk umum RAM yang terdapat dalam sebuah komputer adalah chip. Chip tersebut dapat Anda tambahkan jika terdapat slot RAM dalam motherboard tersebut. Semakin besar spesifikasi RAM yang terdapat dalam komputer Anda, maka semakin cepat juga kinerja dari komputer itu. Sebab, untuk mengambil data yang tersimpan, dengan RAM yang tinggi maka akan mempercepat proses loading data dan program yang akan diakses. Kini, spesifikasi RAM yang umum digunakan adalah RAM DDR 3. Walaupun sebenarnya telah ada RAM DDR4, namun masih jarang ditemukan.

Kerusakan pada ram menyebabkan komputer beep, tidak mau menyala, terkadang restart terus menerus

5. Harddsik

Hard Disk (HDD) merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Umumnya, di dalam Hard Disk terdapat piringan, dimana piringan itulah yang memiliki peran untuk menyimpan data secara permanen. Ketika Anda mematikan komputer, data yang telah Anda simpan sebelumnya akan dapat diakses ketika Anda telah menyalakan komputer. Kecuali, jika Anda menghapus data tersebut secara manual atau terkena virus.

Jauh berbeda dengan RAM yang hanya dapat menyimpan data atau instruksi selama komputer masih menyala, dengan Hard Disk maka Anda dapat menyimpan data, seperti program, dokumen, gambar, audio atau video secara permanen dalam komputer Anda. Dengan RAM, Anda tidak perlu takut kehilangan data, karena Hard Disk memiliki kemampuan untuk dilakukan backup, yaitu mengembalikan data yang hilang.

Jika Anda pernah mendengar istilah partisi, maka Hard Disk yang dapat dipartisi. Pengertian partisi disini adalah Anda dapat membagi penyimpanan yang dimiliki Hard Disk kedalam beberapa bagian yang dikehendaki. Biasanya, Hard Disk dipartisi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai penyimpanan data-data pribadi dan penyimpanan data operating system.

Kerusakan pada processor akan menyebabkan mati total, untuk gejala awal processor biasanya sebelum rusak komputer akan sering restart atau mati secara tiba-tiba

6. Vga Card / GPU

VGA Card (Virtual Graphic Array) merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengolah dan menerjemah output ke dalam monitor. VGA Card sering juga dikatakan sebagai Video Graphic Adapter. Kehadiran VGA Card dalam sebuah komputer tidaklah memberikan pengaruh yang besar seperti komponen vital komputer lainnya. Penggunaan VGA lebih mengarah kepada hal yang berhubungan dengan grafis, seperti desain 3D ataupun gaming.

Fungsi utama dari VGA Card adalah mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafik melalui monitor. Dengan begitu, komputer yang tidak memiliki VGA, biasanya tampilan layar menjadi kurang bagus dan tidak menarik. Kini, telah banyak perusahaan yang menghasilkan VGA Card, diantaranya NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Cirrus Logic, Tseng, Trident dan sebagainya.

Kerusakan pada perangkat ini akan menyebabkan komputer beeb dan mati total 

7. Optical Drive

Optical drive adalah perangkat keras yang memiliki fungsi yang sama dengan hard disk atau flashdisk, yaitu sebagai media penyimpanan. Terdapat beberapa jenis optical drive, yaitu :

  1. CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory) : merupakan suatu alat dapat digunakan sebatas membaca CD
  2. CD-RW (Compact Disk – Rewritable) : merupakan alat yang dapat melakukan dua fungsi, yaitu membaca CD dan menulis CD
  3. DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory) : merupakan alat yang dapat membaca CD dan DVD
  4. DVD Combo : merupakan alat yang selain dapat membaca CD dan DVD juga dapat menulis CD, namun tidak dapat menulis DVD
  5. DVD RW : merupakan alat yang memiliki fungsi komplit, yaitu selain dapat membaca keping CD dan DVD juga mampu untuk menyimpan atau menulis keping CD dan DVD.

Kerusakan pada alat ini membuat komputer tidak dapat membaca perangkat cd atau dvd

8. SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, yaitu perangkat untuk menyimpan data dengan menggunakan serangkaian IC (Integrated Circuit) yang berperan sebagai memori untuk menyimpan data secara persisten.

Pada umumnya, SSD memiliki fungsi yang sama dengan Hard disk. Namun, SSD merupakan sebuah inovasi dalam penyimpanan data. Dengan SSD, data disimpan pada chip-chip memory flash berbasis NAND yang terhubung satu sama lain. Chip tersebut memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan flash disk.

Kalau dahulu Anda mengenal floppy disk, kini posisinya telah tergeser dengan adanya hard disk. Begitu juga dengan hard disk yang harus tergeser dengan adanya SSD. Walaupun begitu, SSD belum banyak diketahui oleh pengguna komputer. Sebab, harganya yang begitu tinggi dan cukup fantastis.

Kerusakan pada SSD dampaknya sama dengan kerusakan pada harddisk

9. Power Supply

 Power supply merupakan suatu perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mensuplai daya/tegangan ke dalam komponen komputer.

Mengenai fungsinya, power supply bertujuan untuk mengubah tegangan arus AC menjadi DC. Saat ini, ada beberapa jenis power supply, yaitu :

  1. Power supply AT
    Power supply jenis ini memiliki bentuk dimana kabel power yang akan dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor, yaitu konektor P8 dan konektor P9. Dengan demikian, pada saat pemasangan diperlukan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangannya.
  2. Power Supply ATX
    Jenis power supply ini memiliki kabel dengan jumlah 20 pin yang telah disusun menjadi satu kesatuan untuk dihubungkan ke motherboard. Sangat jarang terjadi kesalahan dalam pemasangan jenis power supply ini.

Kerusakan pada power supply mengakibatkan komputer mati total

10. Lan Card

LAN Card sering disebut dengan NIC (Network Interface Card), Ethernet Card atau kartu jaringan. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan jaringan, terutama dalam area LAN. Misalnya, jaringan komputer pada suatu gedung, satu rumah , satu kantor dan lainnya. Biasanya, LAN Card dipasang pada slot PCI yang terdapat di motherboard.

Pada umumnya, terdapat dua jenis NIC, yaitu NIC yang bersifat fisik dan logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah Token Ring, NIC Ethernet dan sebagainya. Sedangkan contoh NIC yang bersifat logis adalah Loopback Adapter dan Dial-up Adapter.

Pada setiap NIC telah diberikan nomor alamat yang dikenal dengan sebutan MAC Address yang bersifat statis. Maksudnya dapat diubah oleh penggunanya. Saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi LAN card memiliki dua jenis utama, yaitu LAN Card Kabel dan LAN Card Wireless.

Kerusakan pada perangkat ini menyebabkan komptuer tidak bisa internet via lan

11. Wlan Card

WLAN Card atau Wireless LAN Card atau biasa juga disebut WiFi Adapter merupakan perangkat komputer yang berhubungan dengan jaringan. Fungsinya sama seperti LAN Card, yaitu menghubungkan komputer dengan akses jaringan. Akan tetapi, dengan adanya WLAN lebih memudahkan Anda dalam melakukan koneksi jaringan tanpa harus membawa kabel kemana-mana hanya untuk menghubungkan dengan jaringan.

Wireless Card memungkinkan komputer terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Cara kerja dari Wireless Card ini adalah wireless akan menerima sinyal yang berasal dari perangkat jaringan, seperti Access Point. Pada umumnya, komponen-komponen dalam WLAN adalah :

  1. Mobile atau Desktop PC, dimana untuk mobile PC dapat terpasang pada port PCMCIA, sedangkan untuk desktop PC melalui PCI Card atau USB.
  2. Access Point, perangkat yang dapat mengkonversi sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital melalui media kabel.
  3. WLAN Interface, peralatan yang dipasang di Mobile atau desktop PC dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), PCI Card maupun melalui port USB
  4. Antena, digunakan untuk memperkuat daya pancar.

Kerusakan pada alat ini membuat komputer tidak bisa internet melalui wireless

12. Soundcard

Sesuai dengan namanya¸Sound Card berkaitan dengan kebutuhan audio dan suara dalam suatu komputer. Misalkan saja, ketika Anda mendengarkan suara yang berasal dari komputer menggunakan headset atau speaker, maka suara yang Anda dengar itu diolah Sound Card. Beberapa jenis sound card berdasarkan cara pemasangannya dalam komputer atau laptop, yaitu :

  1. Sound Card Onboard
    Pada umumnya, sound card ini terpasang langsung (menempel) pada motherboard komputer. Sound card jenis ini berupa chipset yang terpasang langsung dengan motherboard sehingga kinerjanya dipengaruhi oleh processor.
  2. Sound Card Offboard
    Sound Card offboard ini dipasang ke slot ISA atau PCI. Keunggulan dari sound card jenis ini adalah kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih bagus dibandingkan sound card onboard.
  3. Sound Card External
    Umumnya, sound card external ini dipasang ke komputer menggunakan port USB. Sound card jenis ini cocok digunakan untuk melakukan perekaman suara.

Kerusakan pada alat ini komputer tidak akan ada suaranya atau no audio

# Komponen Komputer

1. Motherboard

Secara sederhana, motherboard atau biasa disebut dengan Mainboard, Baseboard adalah Papan Sirkuit Cetak (Printed Circuit Board – PCB). Papan ini menjadi salah satu komponen terpenting dalam sebuah komputer. Sebab, dengan adanya motherboard setiap komponen utama dalam komputer dapat berhubungan dengan komponen lainnya. Motherboard inilah yang menampung seluruh komponen yang memiliki peran penting dalam sistem, seperti CPU, slot RAM, VGA Port, USB Port dan lainnya.

Mengenai fungsinya, Motherboard memiliki fungsi untuk menyediakan akses bagi setiap komponen dalam melakukan komunikasi satu dengan yang lain. Selain itu, motherboard juga berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri. Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat tambahan, seperti joystick dengan bantuan motherboard.

Kerusakan pada perangkat motherboard akan mengakibatkan komputer mati total karena merupakan perangkat utama atau mesin utama pada komputer

2. Processor

CPU (Central Processing Unit) adalah salah satu jenis perangkat keras dari komputer yang digunakan untuk menangani instruksi yang diberikan. CPU sering juga dikatakan sebagai Processor yang merupakan otak dari sebuah komputer. Sebab, CPU yang mengatur segala aktivitas dan jalannya program yang terdapat dalam komputer.

Misalkan saja, ketika Anda menekan Alt+F4 maka otomatis akan menutup program yang sedang Anda buka. Yang mengatur instruksi tersebut adalah CPU. Sebagai komponen utama, CPU memiliki fungsi penting yang harus Anda ketahui, yaitu menerima instruksi yang diberikan, mengolah instruksi, dan kemudian mengeksekusi instruksi tersebut.

Biasanya, ketika membeli komputer hal yang pertama kali Anda lihat adalah spesifikasi komputer itu. Sebagai contoh, Processor 32-bit jelas berbeda dengan processor 64-bit. Maksudnya, komputer yang memiliki processor 64-bit dapat bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan 32-bit. Dengan begitu, Anda harus lebih teliti lagi dalam menentukan spesifikasi CPU agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kerusakan pada processor akan menyebabkan mati total, untuk gejala awal processor biasanya sebelum rusak komputer akan sering restart atau mati secara tiba-tiba

3. Heatsink

Heatsink atau PC Cooler merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki bentuk fisik seperti kipas yang terbuat dari tembaga dan aluminium. Bukan tanpa sebab heatsink didesain pada setiap komputer atau PC. Dimana tujuan utama dari heatsink sama dengan kipas yang Anda kenal, yaitu memberikan suhu dingin pada processor agar kinerja dari processor tetap stabil dan suhu panas yang dimiliki processor dapat dibuang melalui heatsink ini.

Walaupun demikian, kini banyak jenis heatsink yang beredar di pasaran. Setiap pabrik mendesain heatsink dengan bentuk fisik yang berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama. Secara umum, heatsink bekerja dengan cara menerima panas yang dihasilkan oleh processor, kemudian panas tersebut menyebar keseluruh bagian heatsink hingga berkumpul ke bagian inti heatsink. Maka fan yang terdapat dalam heatsink itulah yang membuang suhu panas tersebut.

Kerusakan pada heatsink jarang terjadi, yang sering rusak atau kotor pada heatsink akan menghalangi angin pada kipas processor sehingga suhu komputer akan panas

4. Ram

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu jenis perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan. Namun, berbeda dengan Hard Disk yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Sesuai dengan namanya, Random yang berarti acak. Maksudnya, RAM memang digunakan sebagai media penyimpanan, namun penyimpanan yang sementara dan hanya dapat diakses ketika komputer dinyalakan dan acak.

Ketika terjadi instruksi oleh processor, maka RAM yang berfungsi untuk menyimpan data dari instruksi itu. Jadi, RAM akan berfungsi apabila komputer masih dalam keadaan menyala, jika telah dimatikan maka instruksi tersebut akan hilang dari RAM.

Bentuk umum RAM yang terdapat dalam sebuah komputer adalah chip. Chip tersebut dapat Anda tambahkan jika terdapat slot RAM dalam motherboard tersebut. Semakin besar spesifikasi RAM yang terdapat dalam komputer Anda, maka semakin cepat juga kinerja dari komputer itu. Sebab, untuk mengambil data yang tersimpan, dengan RAM yang tinggi maka akan mempercepat proses loading data dan program yang akan diakses. Kini, spesifikasi RAM yang umum digunakan adalah RAM DDR 3. Walaupun sebenarnya telah ada RAM DDR4, namun masih jarang ditemukan.

Kerusakan pada ram menyebabkan komputer beep, tidak mau menyala, terkadang restart terus menerus

5. Harddsik

Hard Disk (HDD) merupakan salah satu perangkat keras komputer yang juga digunakan sebagai media penyimpanan. Umumnya, di dalam Hard Disk terdapat piringan, dimana piringan itulah yang memiliki peran untuk menyimpan data secara permanen. Ketika Anda mematikan komputer, data yang telah Anda simpan sebelumnya akan dapat diakses ketika Anda telah menyalakan komputer. Kecuali, jika Anda menghapus data tersebut secara manual atau terkena virus.

Jauh berbeda dengan RAM yang hanya dapat menyimpan data atau instruksi selama komputer masih menyala, dengan Hard Disk maka Anda dapat menyimpan data, seperti program, dokumen, gambar, audio atau video secara permanen dalam komputer Anda. Dengan RAM, Anda tidak perlu takut kehilangan data, karena Hard Disk memiliki kemampuan untuk dilakukan backup, yaitu mengembalikan data yang hilang.

Jika Anda pernah mendengar istilah partisi, maka Hard Disk yang dapat dipartisi. Pengertian partisi disini adalah Anda dapat membagi penyimpanan yang dimiliki Hard Disk kedalam beberapa bagian yang dikehendaki. Biasanya, Hard Disk dipartisi menjadi 2 bagian, yaitu sebagai penyimpanan data-data pribadi dan penyimpanan data operating system.

Kerusakan pada harddisk menyebabkan komputer lambat atau lemot, badsector, missing operating system, bahkan komputer hanya akan menampilkan bios saja

6. Vga Card / GPU

VGA Card (Virtual Graphic Array) merupakan suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengolah dan menerjemah output ke dalam monitor. VGA Card sering juga dikatakan sebagai Video Graphic Adapter. Kehadiran VGA Card dalam sebuah komputer tidaklah memberikan pengaruh yang besar seperti komponen vital komputer lainnya. Penggunaan VGA lebih mengarah kepada hal yang berhubungan dengan grafis, seperti desain 3D ataupun gaming.

Fungsi utama dari VGA Card adalah mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan grafik melalui monitor. Dengan begitu, komputer yang tidak memiliki VGA, biasanya tampilan layar menjadi kurang bagus dan tidak menarik. Kini, telah banyak perusahaan yang menghasilkan VGA Card, diantaranya NVidia, 3DFX, S3, ATi Matrox, SiS, Cirrus Logic, Tseng, Trident dan sebagainya.

Kerusakan pada perangkat ini akan menyebabkan komputer beeb dan mati total 

7. Optical Drive

Optical drive adalah perangkat keras yang memiliki fungsi yang sama dengan hard disk atau flashdisk, yaitu sebagai media penyimpanan. Terdapat beberapa jenis optical drive, yaitu :

  1. CD-ROM (Compact Disk – Read Only Memory) : merupakan suatu alat dapat digunakan sebatas membaca CD
  2. CD-RW (Compact Disk – Rewritable) : merupakan alat yang dapat melakukan dua fungsi, yaitu membaca CD dan menulis CD
  3. DVD ROM (Digital Video Disk – Read Only Memory) : merupakan alat yang dapat membaca CD dan DVD
  4. DVD Combo : merupakan alat yang selain dapat membaca CD dan DVD juga dapat menulis CD, namun tidak dapat menulis DVD
  5. DVD RW : merupakan alat yang memiliki fungsi komplit, yaitu selain dapat membaca keping CD dan DVD juga mampu untuk menyimpan atau menulis keping CD dan DVD.

Kerusakan pada alat ini membuat komputer tidak dapat membaca perangkat cd atau dvd

8. SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, yaitu perangkat untuk menyimpan data dengan menggunakan serangkaian IC (Integrated Circuit) yang berperan sebagai memori untuk menyimpan data secara persisten.

Pada umumnya, SSD memiliki fungsi yang sama dengan Hard disk. Namun, SSD merupakan sebuah inovasi dalam penyimpanan data. Dengan SSD, data disimpan pada chip-chip memory flash berbasis NAND yang terhubung satu sama lain. Chip tersebut memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan flash disk.

Kalau dahulu Anda mengenal floppy disk, kini posisinya telah tergeser dengan adanya hard disk. Begitu juga dengan hard disk yang harus tergeser dengan adanya SSD. Walaupun begitu, SSD belum banyak diketahui oleh pengguna komputer. Sebab, harganya yang begitu tinggi dan cukup fantastis.

Kerusakan pada SSD dampaknya sama dengan kerusakan pada harddisk

9. Power Supply

 Power supply merupakan suatu perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mensuplai daya/tegangan ke dalam komponen komputer.

Mengenai fungsinya, power supply bertujuan untuk mengubah tegangan arus AC menjadi DC. Saat ini, ada beberapa jenis power supply, yaitu :

  1. Power supply AT
    Power supply jenis ini memiliki bentuk dimana kabel power yang akan dihubungkan ke motherboard terpisah menjadi dua konektor, yaitu konektor P8 dan konektor P9. Dengan demikian, pada saat pemasangan diperlukan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan dalam pemasangannya.
  2. Power Supply ATX
    Jenis power supply ini memiliki kabel dengan jumlah 20 pin yang telah disusun menjadi satu kesatuan untuk dihubungkan ke motherboard. Sangat jarang terjadi kesalahan dalam pemasangan jenis power supply ini.

Kerusakan pada power supply mengakibatkan komputer mati total

10. Lan Card

LAN Card sering disebut dengan NIC (Network Interface Card), Ethernet Card atau kartu jaringan. Perangkat ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan jaringan, terutama dalam area LAN. Misalnya, jaringan komputer pada suatu gedung, satu rumah , satu kantor dan lainnya. Biasanya, LAN Card dipasang pada slot PCI yang terdapat di motherboard.

Pada umumnya, terdapat dua jenis NIC, yaitu NIC yang bersifat fisik dan logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah Token Ring, NIC Ethernet dan sebagainya. Sedangkan contoh NIC yang bersifat logis adalah Loopback Adapter dan Dial-up Adapter.

Pada setiap NIC telah diberikan nomor alamat yang dikenal dengan sebutan MAC Address yang bersifat statis. Maksudnya dapat diubah oleh penggunanya. Saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi LAN card memiliki dua jenis utama, yaitu LAN Card Kabel dan LAN Card Wireless.

Kerusakan pada perangkat ini menyebabkan komptuer tidak bisa internet via lan

11. Wlan Card

WLAN Card atau Wireless LAN Card atau biasa juga disebut WiFi Adapter merupakan perangkat komputer yang berhubungan dengan jaringan. Fungsinya sama seperti LAN Card, yaitu menghubungkan komputer dengan akses jaringan. Akan tetapi, dengan adanya WLAN lebih memudahkan Anda dalam melakukan koneksi jaringan tanpa harus membawa kabel kemana-mana hanya untuk menghubungkan dengan jaringan.

Wireless Card memungkinkan komputer terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel. Cara kerja dari Wireless Card ini adalah wireless akan menerima sinyal yang berasal dari perangkat jaringan, seperti Access Point. Pada umumnya, komponen-komponen dalam WLAN adalah :

  1. Mobile atau Desktop PC, dimana untuk mobile PC dapat terpasang pada port PCMCIA, sedangkan untuk desktop PC melalui PCI Card atau USB.
  2. Access Point, perangkat yang dapat mengkonversi sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital melalui media kabel.
  3. WLAN Interface, peralatan yang dipasang di Mobile atau desktop PC dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association), PCI Card maupun melalui port USB
  4. Antena, digunakan untuk memperkuat daya pancar.

Kerusakan pada alat ini membuat komputer tidak bisa internet melalui wireless

12. Soundcard

Sesuai dengan namanya¸Sound Card berkaitan dengan kebutuhan audio dan suara dalam suatu komputer. Misalkan saja, ketika Anda mendengarkan suara yang berasal dari komputer menggunakan headset atau speaker, maka suara yang Anda dengar itu diolah Sound Card. Beberapa jenis sound card berdasarkan cara pemasangannya dalam komputer atau laptop, yaitu :

  1. Sound Card Onboard
    Pada umumnya, sound card ini terpasang langsung (menempel) pada motherboard komputer. Sound card jenis ini berupa chipset yang terpasang langsung dengan motherboard sehingga kinerjanya dipengaruhi oleh processor.
  2. Sound Card Offboard
    Sound Card offboard ini dipasang ke slot ISA atau PCI. Keunggulan dari sound card jenis ini adalah kualitas suara yang dihasilkan menjadi lebih bagus dibandingkan sound card onboard.
  3. Sound Card External
    Umumnya, sound card external ini dipasang ke komputer menggunakan port USB. Sound card jenis ini cocok digunakan untuk melakukan perekaman suara.

Kerusakan pada alat ini komputer tidak akan ada suaranya atau no audio

# Tentang Kami

PT IT Suppot Jakarta Service Center adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan komputer dan laptop yang didirikan pada tahun 2023. Visi kami adalah menjadi perusahaan perbaikan komputer dan laptop terbaik dan terpercaya di jakarta. Misi kami adalah memberikan layanan perbaikan komputer dan laptop yang cepat, berkualitas, dan terjangkau bagi pelanggan kami.

Layanan perbaikan komputer dan laptop yang kami tawarkan meliputi:

  • Perbaikan hardware. Kami mampu memperbaiki berbagai kerusakan hardware pada komputer dan laptop, seperti layar, keyboard, mouse, speaker, kipas, hard disk, memory, processor, motherboard, graphic card, sound card, dan lain-lain. Kami menggunakan spare part yang original dan bergaransi dari vendor resmi.
  • Perbaikan software. Kami mampu memperbaiki berbagai masalah software pada komputer dan laptop, seperti virus, malware, ransomware, error, crash, hang, slow, blue screen, black screen, boot loop, dan lain-lain. Kami menggunakan software yang legal dan terupdate dari sumber terpercaya.
  • Instalasi sistem operasi. Kami mampu menginstalasi sistem operasi yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan komputer dan laptop Anda, seperti Windows, Linux, Mac OS, atau Android. Kami juga mampu menginstalasi driver, aplikasi, game, antivirus, dan software lainnya yang Anda inginkan.
  • Upgrade komponen. Kami mampu meningkatkan performa komputer dan laptop Anda dengan mengganti atau menambahkan komponen yang lebih baik dan lebih baru, seperti hard disk SSD, memory RAM, processor Intel Core i9, graphic card Nvidia GeForce RTX 3090, dan lain-lain. Kami juga mampu memberikan saran tentang komponen yang cocok untuk komputer dan laptop Anda.
  • Service rutin. Kami mampu melakukan service rutin untuk menjaga kondisi komputer dan laptop Anda agar tetap optimal dan awet. Service rutin meliputi pembersihan debu, penggantian pasta termal, pengecekan kesehatan hardware dan software, optimisasi sistem operasi, backup data penting, dan lain-lain.

Pelanggan kami berasal dari berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, karyawan, pengusaha, gamer, desainer grafis, programmer, dan lain-lain. Beberapa contoh pelanggan kami adalah:

  • Sekolah Said Naum Jakaarta. Kami membantu sekolah Said naum dalam memperbaiki komputer laboratorium mereka yang rusak akibat serangan virus.
  • PT Strategicom Indonesia. Kami membantu perusahaan ini dalam menginstalasi sistem operasi Windows 10 pada laptop karyawan mereka yang baru dibeli. selain perusahaan ada juga personal seperti
  • Rezki. Kami membantu mas rezki dalam mengupgrade memory RAM laptopnya dari 4 GB menjadi 16 GB agar bisa bermain game PUBG Mobile dengan lancar.
  • Rina. Kami membantu Rina dalam melakukan service rutin laptopnya yang sudah lama tidak digunakan agar bisa digunakan untuk kuliah online.

Tim kami terdiri dari para teknisi yang profesional dan berpengalaman di bidang perbaikan komputer dan laptop. Kami juga terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi komputer dan laptop terbaru untuk meningkatkan keterampilan kami.

Kami berkomitmen untuk menjadi partner terbaik bagi pelanggan kami dalam menyediakan layanan perbaikan komputer dan laptop yang cepat, berkualitas, dan terjangkau. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan layanan perbaikan komputer dan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda