Bisa dibilang bahwa saat ini banyak pengguna yang semakin tertarik menggunakan cloud hosting, daripada shared hosting. Perlu diketahui bahwa dulu sebuah website pada host memang hanya memakai dedicated server standar saja. Biasanya satu dedicated akan dipakai untuk satu server saja untuk banyak website. Cloud hosting memiliki beberapa keunggulan yang bisa didapat oleh penggunanya.

Cloud hosting menjadi sebuah layanan web hosting yang diterima dari server yang saling terhubung. Ada beberapa kelebihan dan kelemahan dari cloud hosting yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan layanan ini. Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kelemahan dari cloud hosting.

Kelebihan

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika Anda menggunakan layanan cloud hosting:

1. Akses yang mudah

Kemudahan dalam mengakses data atau aplikasi merupakan kelebihan utama dari cloud hosting ini. Untuk mengakses aplikasi yang diperlukan saat bekerja, Anda tidak perlu berada pada suatu komputer yang sama karena aplikasi atau data yang dibutuhkan dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui server.

2. Efisiensi biaya

Penggunaan cloud hosting tentu akan mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk operasional komputer, terutama untuk kebutuhan hardware. Dengan menggunakan cloud hosting, maka perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya seperti maintenance maupu biaya operasional lainnya.

3. Fleksibilitas.

Dengan menggunakan cloud hosting, maka Anda tidak perlu melakukan proses pengadaan komputer yang akan memakan banyak waktu. Cukup dengan melakukan self-provisioning saja, maka kapasitas yang dibutuhkan telah siap digunakan.

4. Kemudahan manajemen server

Proses monitoring maupun manajemen server akan lebih mudah dilakukan karena semua akan terkoneksi dengan website secara langsung. Nantinya pengguna hanya cukup melihat dashboard saja untuk mengetahui status global server. Lalu untuk membuat, melakukan upgrade, manage server, serta menginstalasi software sangat mudah karena sudah disediakan tools secara otomatis.

5. Meningkatkan ketersediaan data

Cloud computing biasanya akan dibuat dengan desain yang high availability, maksudnya sistem tersebut berada pada suatu data center yang menjamin ketersediaan listriknya, pendingin ruangan, dan berbagai kebutuhan yang menjamin fasilitas pendukung bekerja maksimal selama 24 jam sehari.